Sunday 17 March 2013

Fifth Post


Perusahaan harus bisa memberikan sesuatu yang lebih dari sekadar pelayanan yang baik, yaitu mampu memberikan CUSTOMER EXPERIENCE yang baik dan berkesan mendalam dari konsumen kita datang hingga pulang,” ujar Yuliana Agung, Chief Executive Officer (CEO) Carre Center for Customer Satisfaction and Loyalty (Carre CCSL).

Terdapat 3 aspek dalam customer experience yaitu 
-Customer Sense Experience : dimana konsumen merasa nyaman sejauh yang bisa diterima, dilihat, dan dirasakan panca indra konsumen, misalnya kebersihan dan kerapihan
-Customer Emotional Experience :dimana perusahaan berhasil membuat nyaman konsumen dari segi emosional dengan memberikan suasana yang positif, misalnya kejelasan dan keadilan sistem antrian dan kemudahan mendapatkan pelayanan
-Customer Problem Solution Experience : dimana pada aspek ini konsumen bisa mendapatkan solusi terbaik bagi permasalahan yang dihadapi, misalnya kualitas petugas dalam memberikan solusi bagi permasalahan konsumen.

Bagaimana cara mengetahui apakah customer experience berjalan dengan baik atau tidak ?
Cara nya mudah yaitu kita harus mencoba yang namanya MYSTERY SHOPPING ! Mau tau apa itu MYSTERY SHOPPING ? itulah suatu cara dimana sang periset atau pencoba mencoba menjadi pembeli ataupun pelanggan lalu melaksanakan proses inquiry dan enqiuiry untuk menilai tingkat pengalaman yang diberikan oleh pelanggan :)



No comments:

Post a Comment